Categories
Buku KRS

Sejarah Dinasti Kabilah Emas: Terbitan Terbaru dari KRS

Buku ini akan mengulas mengenai awal mula dari Kabilah Emas hingga keruntuhannya dan beberapa ke-khan-an yang merupakan “anak” dari Kabilah Emas.

Untuk ketiga kalinya, Kedai Resensi Surabaya kembali menerbitkan buku bertemakan sejarah! Kali ini, KRS mengambil kajian dari seorang sarjana Sejarah dan Kebudayaan Islam, Ari Nirwana mengenai Kabilah Emas (Golden Horde). Dinasti Kabilah Emas yang banyak di antara Khan-nya beragama Islam ini jarang mendapat perhatian khusus di Indonesia. Oleh karenanya, penerbitan buku ini turut menjadi pengisi relung kajian yang masih perlu terus diramaikan tersebut.

Sejarah Dinasti Kabilah Emas Di Eropa Timur dan Pengaruhnya terhadap Dunia Islam (1226-1502 M)

Kekaisaran Mongol dikenal sebagai penghancur dinasti Abbasiyah dan peradaban Muslim saat itu. Namun, ternyata ada keturunan Jenghis Khan yang masuk ke dalam agama Islam, terutama dari Golden Horde (Kabilah Emas) di wilayah Rusia dan Eropa Timur. Kabilah Emas ini muncul dari anak pertama Jenghis Khan, Jochi.

Masih banyak sejarah peradaban Islam yang belum dikaji secara rinci dalam bahasa Indonesia. Seperti halnya Kabilah Emas ini, di mana dua khan-nya, Berke dan Uzbeg turut membantu membangun peradaban Islam yang sempat luluh lantak karena serangan dari sesama bangsanya, Hulagu. Berke Khan adalah khan pertama yang secara terang-terangan masuk ke dalam Islam. Pada zaman Uzbek Khan ini sampai pada puncak peradaban Islam di daerah kekuasaan Mongol.

Kabilah Emas memiliki wilayah kekuasaan dengan proporsi yang sangat luas dan pada akhirnya melahirkan wilayah-wilayah Muslim di Rusia seperti Krimea, Kazan, dan Astrakhan. Buku ini akan mengulas mengenai awal mula dari Kabilah Emas hingga keruntuhannya dan beberapa ke-khan-an yang merupakan “anak” dari Kabilah Emas. Ke-khan-an ini juga yang turut berkontribusi dalam penyebaran Islam, baik di antara masyarakat Mongol, juga di wilayah Rusia.


Kedai Resensi Surabaya juga membuka kesempatan untuk menjadi Drop shipper dan Reseller buku ini maupun buku terbitan KRS lainnya. Ada diskon khusus bagi drop shipper dan reseller. Hubungi WhatsApp KRS untuk info selengkapnya.

Selain opsi pembelian via website, pembelian buku-buku terbitan KRS juga bisa dilakukan via Shopee / Bukalapak / Tokopedia KB. MURBA.

By Kedai Resensi Surabaya

Resensi singkat dan segala macamnya. Dikelola oleh dua orang mahasiswa pegiat literasi dan berbasis di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.