Categories
Buku Gratis

[Free E-book] Cristobal Kay dan Robert N. Gwynne – Relevansi Teori Dependensi dan Strukturalis dalam Periode Neoliberal

Kedua penulis menjabarkan keterkaitan dua teori dalam menghadapi pandangan kelompok neoliberal dan bagaimana strukturalisme melahirkan pandangan baru, neostrukturalisme.

Buku saku kedua dari Kedai Resensi Surabaya ini merupakan kajian pembangunan yang mengulas dua teori dasar dalam memperkenalkan studi pembangunan: strukturalisme dan teori dependensi dengan sudut pandang Amerika Latin. Kedua penulis menjabarkan keterkaitan dua teori tersebut dalam kondisi masa kini, bagaimana keduanya menghadapi pandangan kelompok neoliberal dan bagaimana strukturalisme melahirkan pandangan baru bernama neostrukturalisme. Semoga buku ini bermanfaat bagi siapapun yang ingin mendalami segala hal yang berhubungan dengan istilah “pembangunan”.

Abstrak

Sebuah ekonomi politik baru sedang dibangun di Amerika Latin, ketika perekonomian nasional menjadi ditata ulang secara radikal dan diubah dan pengaturan sosial baru sedang dibuat. Perekonomian dan masyarakat Amerika Latin bereaksi terhadap perubahan ini dan mengaitkan kembali kepada permintaan atas dunia yang semakin kompetitif dan saling bergantung. Perubahan semacam itu terjadi dalam sebuah benua dari tata kelola pemerintahan demokratis, menyediakan saluran untuk menantang paradigma neoliberal. Disebutkan dalam artikel ini bahwa strukturalisme dan teori dependensi dapat memainkan bagian yang bermanfaat dalam proses melawan dan membangun paradigma pembangunan alternatif terhadap dominasi masa kini dari paradigma neoliberal.

Tentang Penulis

Cristobal Kay adalah Profesor Emeritus di bidang Rural Development and Development Studies di Instutute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam, Den Haag, Belanda. Ia adalah ekonom ternama asal Belanda yang berfokus pada studi pembangunan juga menuliskan banyak artikel berkaitan dengan studi pembangunan dan kajian agraria.

Robert N. Gwynne adalah Honorary Senior Research Fellow di School of Geography, Earth and Environmental Sciences di University of Birmingham. Lingkup kajiannya ialah mengenai industri agrikultur. Ia juga mengkaji mengenai strategi hulu ke hilir dari perusahaan Wine dalam rantai nilai global.

Tentang Penerjemah

Reza Maulana Hikam adalah alumni Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga. Bersama A. Faricha Mantika turut mengelola website Kedai Resensi Surabaya dan toko buku KB. MURBA.

By Kedai Resensi Surabaya

Resensi singkat dan segala macamnya. Dikelola oleh dua orang mahasiswa pegiat literasi dan berbasis di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.