Categories
Buku Gratis

[Free E-book] Andre Gunder Frank – Pembangunan Negara Terbelakang

Dalam buku kecil ini, Andre Gunder Frank menyuguhkan suatu pandangan yang berbeda mengenai kajian pembangunan yang kerap didominasi aspek ekonomi.

Kajian mengenai pembangunan, perkembangan, dan pertumbuhan di suatu negara dan di dunia kerap kali didominasi oleh aspek ekonomi saja. Memang betul bahwa grafik, tabel, dan angka mempermudah orang untuk memahami permasalahan pembangunan (baca: ekonomi). Namun, dalam buku kecil ini Andre Gunder Frank menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Bahwa, dalam suatu negara yang tergolong terbelakang, berkembang, satelit, miskin, dunia ketiga, dan istilah lainnya yang menyatakan kekurangan “secara ekonomi” sebenarnya memiliki aspek/faktor lain yang menyebabkan negara tersebut menjadi seperti itu.

Sejarah dan politik, begitupula kondisi sosial turut berkontribusi pada keadaan suatu negara yang “minus.” Membandingkannya dengan negara lain (baca: dengan Eropa Barat, Amerika Serikat, atau Jepang) tidaklah pantas karena masing-masing negara memiliki aspek/faktor lain selain ekonomi yang berbeda-beda. Buku ini akan menjelaskan kenapa aspek/faktor lain itu sangat penting untuk kita pelajari meskipun buku ini awalnya terbit sebagai artikel pada tahun 1966 yang beberapa bagiannya masih relevan hingga sekarang.

E-book ini diterjemahkan dari artikel Andre Gunder Frank yang terbit di Monthly Review, sebuah majalah sosialis independen, berjudul The Development of Underdevelopment atas seizin penerbit. Bebas disebarkan selama tidak untuk tujuan komersial dengan tetap mencantumkan sumber (Monthly Review sebagai sumber bahasa Inggris dan Kedai Resensi Surabaya sebagai sumber bahasa Indonesia) dan penerjemah.

Tentang Penulis

Andre Gunder Frank adalah sosiolog, sejarawan ekonomi, dan teoritisi terkemuka dari teori pembangunan neo-marxis dan teori dependensi. Kajiannya kerap berkorelasi dengan tiga teoritisi lainnya, Immanuel Wallerstein, Samir Amin dan Giovanni Arrighi. Ia adalah penulis dari karya ekonomi-politik Marxis klasik berjudul Dependent Accumulation and Underdevelopment. Ia juga kerap menulis di salah satu jurnal sosialis Amerika Serikat, Monthly Review yang menerbitkan tulisan ini. Ia pernah menjadi Profesor di bidang Sosiologi dan Ekonomi di University of Chile dan Profesor di bidang Ekonomi Pembangunan di University of Amsterdam.

Tentang Penerjemah

Reza Maulana Hikam adalah alumni Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga. Bersama A. Faricha Mantika turut mengelola website Kedai Resensi Surabaya dan toko buku KB. MURBA.

By Kedai Resensi Surabaya

Resensi singkat dan segala macamnya. Dikelola oleh dua orang mahasiswa pegiat literasi dan berbasis di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.