Categories
Buku KRS

Dari Hungaria ke Kekaisaran Utsmani: Terbitan Kedai Resensi Surabaya

Ini adalah dua buku terbitan perdana Kedai Resensi Surabaya!

Di bulan Juli dan Agustus ini, Kedai Resensi Surabaya menerbitkan dua buku sejarah dari seorang raja yang menjadi pendiri kedua Hungaria dan sebuah imperium yang membawa peradaban Islam ke penjuru Eropa, Asia Minor, hingga Afrika. Ini adalah dua terbitan perdana dari Kedai Resensi Surabaya yang mengangkat sejarah (berbeda) dari daratan Eropa.

Raja Béla IV dari Hungaria: Biografi Politik Raja Eropa Timur Abad Pertengahan sebelum Invasi Pasukan Mongol

Abad pertengahan menjadi salah satu abad yang kelam di Eropa. Terkadang disebut sebagai abad kegelapan. Terlepas dari namanya yang terlihat mengerikan, bukan berarti tidak ada peristiwa atau figur yang menarik dari abad ini.

Seperti Raja Béla IV dari Hungaria ini adalah raja yang menghadapi invasi Mongol pada zamannya. Ia juga mendapatkan julukan sebagai “Second Founder of the State” (Bapak Bangsa Kedua). Banyak intrik politik dan kebijakan Raja Bela IV membuatnya pantas menyandang gelar tersebut. Dari buku ini kita akan mengenal sosok yang menarik, yang mana membuktikan bahwa abad kegelapan sebenarnya tidak sepenuhnya gelap.

Ekspansi Kekaisaran Utsmani 1326-1699

Kekaisaran Utsmani adalah salah satu kekaisaran Muslim terbesar di dunia. Wilayahnya mencakup beberapa wilayah di Asia hingga Hungaria (Eropa Timur). Mereka juga memiliki pasukan yang ditakuti oleh dunia Eropa, terutama pasukan khususnya: Janissary.

Buku ini berisikan sepak terjang perluasan wilayah dari sebuah kekaisaran yang ekspansionis yang mampu menaklukkan Konstantinopel. Dimulai dengan meninggalnya Utsman I pada tahun 1326 hingga perjanjian Karlowitz pada tahun 1699 yang menjadi akhir dari ekspansi kekaisaran ini, buku ini akan mengulas satu per satu ekspedisi dan kampanye militer yang dilancarkan oleh Kekaisaran Utsmani. Ditulis oleh sejarawan militer ternama, buku ini akan menjadi sumbangan bagi khazanah mengenai Kekaisaran Utsmani.

By Kedai Resensi Surabaya

Resensi singkat dan segala macamnya. Dikelola oleh dua orang mahasiswa pegiat literasi dan berbasis di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.